Dodol Jambu


Ternyata, selain terkenal dengan kawasan wisata Kawah Putih dan buah stroberinya, ada satu produk lagi yang dipunyai oleh Ciwidey yaitu jambu merah. Jambu merah ini diolah menjadi dodol dan sirup. Sentra olahan jambu merah ini ada di  Ciwidey. Sentra ini mudah dijangkau kendaraan. 

nah, ini dia makanan yang biasanya jadi buah tangan khas dari Garut. apalagi kalo bukan dodol, tapi tunggu dulu, ini bukan dodol yang dari Garut yang biasanya banyak di terminal-terminal. Dodol ini beda karena terbuat dari jambu merah. Jambu merah sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya, salah satunya untuk membantu penyembuhan pada demam berdarah.
Pada mulanya, dodol dan sirup jambu merah ini dibuat karena melihat harga jual jambu merah sangat rendah sehingga tidak menguntungkan para petani. Dari situlah kemudian terbersit ide untuk memberi nilai tambah pada buah jambu merah tersebut dengan cara dibuat dodol dan sirup. Cara ini terbukti cukup berhasil. Selain lebih awet, konsumen juga mempunyai alternatif makanan kecil atau oleh-oleh. Sedangkan bagi penjual tentu saja dodol dan sirup jambu merah akan meningkatkan pendapatan dibanding jika hanya menjual dalam bentuk buah
.memang dodol jambu ini agak susah untuk didapat karena dodol jambu ini merupakan produk dari home industri di daerah Pasirjambu yang sedang berkembang. jadi untuk memperoleh dodol ini, terkadang kita harus memesan terlebih dahulu dikarenakan stok jambu yang memang di prioritaskan untuk di makan buahnya, bukan untuk dijadikan olahan seperti dodol.
cara membuat dodol jambu ini cukup sederhana memang, hanya dengan jus jambu yang dicampur gula pasir dan dipanaskan sampai jadi dodol. hanya saja proses yang dibutuhkan untuk membuat dodol ini cukup lama, sekitar 7 jam sambil di aduk. untuk rasanya, pasti kayak dodol, tapi dodol ini tidak se-chewy dodol garut. tekstur nya agak keras. cukup nyaman untuk yang tidak suka lengketnya dodol yang nyangkut di gigi berlubang. rasanya cukup manis dengan rasa jambu merah yang khas. panganan yang satu ini dapat menjadi alternatif bagi yang bosan dengan strawberry saat berkunjung ke Ciwidey.

 Selamat mencoba!



Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Resep Masakan Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger